Kamis, 10 Mei 2012

Tipe teman apa mereka?

Sekitar seminggu yang lalu, guru di kelasku menjelaskan sedikit tentang tipe-tipe teman yang ada di sekitar kita. Katanya, ada tiga macam teman: Jangkar, Jerat, dan Pelampung. Merekda diklasifikiasikan berdasarkan sifatnya yang sama dengan benda-benda tersebut.

Teman yang bersifat seperti jangkar adalah teman yang hanya bisa mencegah, tapi tidak bertindak. Seperti kebanyakan teman yang kita milikio; mereka hanya sekedar bisa memberitahukan kita mana yang salah dan yang seharusnya tidak dilakukan. Tapi mereka tidak akan melakukan lebih dari itu untuk menghentikan kita. Bukan berarti mereka bukan teman sejati, tetapi mungkin mereka tidak terlalu dekat dengan kita jadi tidak mau terlalu ikut campur.

Yang bahaya adalah teman yang seperti jerat. Sama seperti ketika ikan sedang ditangkap dengan jerat, mereka tidak bisa lagi kabur kemana-mana. Teman yang seperti itu biasanya bukan teman yang baik. mereka melakukan hal-hal yang salah dan menarik kita ikut kedalam masalahnya. terkadang, kita akan ikut kedalam masalahnya, tetapi mereka sendiri bisa keluar karena kita seperti menggantikan posisinya.

Seharusnya, kita mengelilingi diri kita dengan teman-teman yang bersifat seperti pelampung. Mereka adalah orang-orang yang akan mengangkat kita keluar dari masalah apapun juga. Mereka menopang, membantu dan tidak membiarkan kita jatuh kedalam hal-hal yang salah.

Mulai dari sekarang, kita harus bisa lebih pintar melihat teman-teman kita. Apakah mereka bersifat seperti jangkar atau pelampung? Jangan sampai karena kita tidak bisa bergaul dengan orang-orang yang benar, hidup kita ikut terseret bersama mereka. Ingat, jangan hanya menilai orang dari luarnya, karena didalamnya tersimpan banyak sekali hal yang tidak nampak mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar